Selasa, 16 Juni 2015

Sejak Al-Wuhayshi di Jaringan Milisi Al-Qaeda


NASIR Al-Wuhayshi berasal dari Provinsi Abeen, sisi tenggara Sana'a, ibu kota Yaman. Nama lengkapnya Nasir Abd al-Karim Abdullah al-Wuhayshi. Dia lahir 1 Oktober di Provinsi Al-Baydha di Yaman.

Pada 1990-an, ia meninggalkan Yaman dan pergi ke Afghanistan. Di sana, Al-Wuhayshi memulai pelatihan bersenjata pada 1990. Dari situlah dia kemudian dekat dengan mendiang Osama bin Laden, pemimpin jaringan global Al-Qaeda yang tewas di Pakistan akibat serangan Amerika Serikat pada 2011. Al-Wuhayshi lantas menjadi ajudan Bin Laden. Tugasnya mengurus masalah keuangan dan pribadi sang pemimpin.

Setelah invasi Amerika Serikat (AS) ke Afghanistan pada Agustus 2001, Al-Wuhayshi melarikan diri ke Iran. Di sana, dia ditangkap dan diekstradisi ke Yaman pada November 2003. Pada Februari 2006, Al-Wuhayshi melarikan diri bersama 23 tahanan lainnya dari penjara di Yaman.

Pada April 2007, para tersangka Al-Qaeda di pengadilan di Yaman mengidentifikasi nama Nasir al-Wuhayshi sebagai pemimpin Al-Qaeda di Yaman. Lalu pada Juni di tahun yang sama, sebuah pesan audio muncul dari para pelarian. Mereka menamakan Al-Wuhayshi sebagai pemimpin Organisasi Al-Qaeda di Yaman.

Dalam perekrutan personel sepanjang 2007 dan awal 2008, Al-Wuhayshi bermain retorika. 

Ia mengajak penduduk lokal untuk memutuskan hubungan dengan pemerintah dan mendukung Al-Qaeda.

Gerakan kampanye Al-Wuhayshi terbilang sangat sukses. Al-Qaeda di Yaman muncul sebagai kelompok milisi yang berkuasa, padahal tiga tahun sebelum pelarian Al-Wuhayshi dari penjara pada 2006, Al-Qaeda di Yaman dalam kondisi buruk. Loyalisnya diburu, ditangkap, dan diadili bersamaan dengan operasi kontraterorisme yang disokong AS. Di saat Al-Qaeda mengamuk di Irak, kelompok itu malah tidak terdengar di Yaman, sampai Al-Wuhayshi mengambil tali komando.

Pada 2010, Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memasukkan Al-Wuhayshi ke daftar nama anggota paling berbahaya kelompok bersenjata Al-Qaeda. Kemarin, kelompok Al-Qaeda di Semenanjung Arab mengonfirmasi kematian Al-Wuhayshi akibat serangan AS di Hadhramaut, Yaman. (Al Jazeera/Marthen yeimo/ SK) 

0 komentar:

Posting Komentar