Senin, 22 Juni 2015

AMP Komite Kota Jakarta : Seruan Aksi Demo Damai Mendukung Papua Barat Masuk Keanggotaan MSG

 
JAKARTA, Suara Kaido, Dalam mendukung Papua masuk dalam keanggotaan MSG ( Melanesian Spearhead Group) Aliansi Mahasiswa Papua ( komite Kota Jakarta) melalui Sekertaris Frans Nawipa Meminta kepada Kawan-kawan Mahasiswa Papua yang berdomisili di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi agar dapat berpartisipasi dalam aksi demo damai untuk mendukung Papua masuk MSG. 

Sebab kita inilah yang menetukan masa depan alam Papua dan generasi Papua oleh sebab itu mari kita rapatkan barisan untuk mendukung hak kita untuk menentukan sebuah bangsa, ujarnya.

  
SERUAN AKSI



Sejak 1961 hingga saat ini,  lebih dari 50 tahun bangsa Papua Barat hidup di bawah kekuasaan kolonial Indonesia. Pembunuhan, pemerkosaan, teror, intimidasi, penangkapan sewenang-wenang terhadap aktivis pejuang Papua menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan rakyat Papua Barat, serta diikuti dengan kebijakan militer untuk membungkam ruang demokrasi dan penutupan akses wartawan asing untuk hadir di Papua Barat masih terus terjadi.



Di tengah situasi yang demikian Indonesia yang masih keras kepala mempertahankan Hegemoni politk demi kepentingan Imperialisme di Papua Barat.  Perjuangan pembebasan nasional bangsa Papua dalam hal penentuan nasib sendiri, sekaligus menjadi jalan keluar dari situasi pemusnahan rakyat Papua Barat baik di hutan, kota, maupun di Internasional tidak pernah berakhir. Setelah 50 tahun lebih perjuangan pembebasan nasional bangsa Papua Barat disambut baik oleh Negara- negara dalam Melanesian Spearhead Group (MSG). Pelaksanaan MSG Summit saat ini sedang berlangsung 18-26 Juni di Honiara, Kepulauan Salomon, salah satu pembahasanya adalah memutuskan proposal rakyat Papua Barat melalui United Liberation Movement for West Papua (ULMWP)  yang telah mengajukan Papua Barat menjadi aggota resmi MSG.



ULMWP adalah persatuan pergerakan pembebasan untuk rakyat Papua merupakan wadah koorditatif. ULMWP dibentuk untuk menjawab desakan MSG  yang telah menuntut seluruh organisasi gerakan Papua untuk bersatu guna mendaftarkan Papua Barat sebagai angota MSG.  ULMWP telah melakukan lobi diplomasih di beberapa negara-negara Melanesia seperti Vanuatu, Fiji, Papua New Guinea, Kepulauan Salomon dan Kanaky. Pembentukan ULMWP dan diplomasih yang dilakukannya merupakan suatu kemajuan, yang mana persoalan Papua menjadi topik pembahasan dalam MSG Summit kali ini. Melanesian Spearhead Group (MSG) dibentuk berdasarkan “Agreed Principles of Cooperation Among Independent States of Melanesia” yang ditandatangani di Port Vila, Vanuatu pada 14 Maret 1988. MSG beranggotakan Fiji, Front de liberation nationale kanak et socialiste (FLNKS) Kaledonia Baru, Papua New Guinea, Solomon Islands, dan Vanuatu.



MSG yang merupakan forum bilateral negara-negara rumpun Melanesia, menganggap persoalan Papua merupakan persoalan sesama rumpun Melanesia yang berada dibawah kolonial Indonesia. Rakyat Papua Barat hari ini memberitahukan bahwa kebenaran harus ditegakkan bagi siapa pun. Kebenaran tidak memandang golongan, derajat, pangkat. Siapa pun dia yang merasa dirinya adalah manusia wajib menyatakan kebenaran dan turut mendukung dalam aksi-aksi kebenaran tersebut.



Kebenaran West Papua sebagai anggota resmi di MSG adalah satu daratan, satu marga satwa, satu ekosistem, satu rumpun, satu sejarah rumpun, satu samudera, satu budaya dan satu Melanesia. West Papua adalah satu bangsa bagian barat Melanesia. Ketidak tahuan rakyat Indonesia adalah bukti penguasanya membungkam demokrasi, bukti bahwa penipuan publik demi kekuasaan tertentu, demi memelihara Negara-negara Kapital terus berkuasa, demi mempertahankan konspirasi akan nafsu dunia, dan jika rakyat Internasional tidak memahami kebenaran ini maka, bukti bahwa Jurnalis Internasional masih dilarang ke Tanah Papua. Pertemuan MSG Summit kali ini di Honiara, Kepulauan Salomon akan membahas dan memutuskan persoalan Papua Barat sebagai suatu topik selain isu-isu lain yang ada di wilayah Pasifik Selatan.






Sehubungan dengan pelaksanaan MSG Summite yang sedang berlangsung, maka Aliansi Mahasiswa Papua [AMP]Mengajakseluruhkawan-kawanmahasiswapapuauntukdapatberpartisipasidalanaksi demo damai. Aksi demo damaiiniakandilaksanakanpada;



Hari/Tanggal       : Rabu 24 Juni 2015

Waktu                : 09.00 - selesai

Titik Kumpul       : Uki (Universitas Kristen Indonesia)

Rute                  : Bundaran HI – Istana Negara

Demikian seruan aksi ini kami buat, atas partisipasi Kawan-kawan kami ucapkan jabat erat.

Salam!



       
                                                                       Jakarta, 24 Juni 2015 
   


  ( Marthen Yeimo /SK)

0 komentar:

Posting Komentar